1LOVESOSHI

1LOVESOSHI

Profil Dosen Matematika

Di pagi yang cerah menuju siang yang panas (meskipun tidak terlalu terik, tetap aja panas…… dampaknya global warming nich). 09.20 kelas kimia dasar II berakhir, tapi tugas lain menanti. Beberapa menit berikutnya, beberapa mahasiswa matematika bersiap mengepung ruangan dosen matematika FMIPA, Unram untuk mewawancarai dosen matematika to get their profile. Dan ternyata eh ternyata, salah seorang dosen matematika terlihat duduk di depan ruangan dosen. Tampaknya beliau ini telah siap untuk diinterogasi oleh wartawan-wartawan dadakan dari prodi matematika 2009. Mau tak mau pak dosen meladeni keinginan para wartawan dadakan ini, tentunya setelah mereka meminta kesediaan pak dosen dengan hormat.

Para wartawan dadakan ini pun tidak kalah dengan wartawan yang telah berpengalaman, mereka telah menyiapkan berbagai senjata untuk menginterogasi pak dosen, di antaranya : pen, paper, recorder (perlengkapan wajib), and camera (hp).

Interogasipun (maksudnya wawancara) dimulai, mahasiswa pun mulai memberondong pak dosen dengan berbagai pertanyaan seputar diri beliau. Meskipun dihujani oleh berbagai pertanyaan, pak dosen selalu berusaha menjawab dengan sebaik-baiknya sambil diselingi dengan gaya fun beliau dalam menberi jawaban membuat suasana lebih hidup dan tidak kaku. Selalu menebar senyum (sepanjang wawancara) menjadi ciri khas pak dosen yang satu ini (ternyata dosen-dosen matematika orangnya murah senyum ya?). So, ini beberapa hal yang terkuak dalam wawancara ini.

Pria yang lahir (5 oktober 1971) dan menghabiskan masa kecilnya (hingga SMP) di Seteluk (KSB) ini merupakan salah satu dosen senior di prodi matematika FMIPA Unram. Melanjutkan SMA di SMA Ampenan (dulunya, sekarang jadi SMA 2 Mataram). S1-nya di UGM jurusan Matematika dan graduate tahun 1996. Selanjutnya sempat vakum 2 tahun karena belum mempunyai pekerjaan, beliau beberapa kali mencoba mengikuti program beasiswa dan alhasil tahun 1998 beliau mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke jenjang S2.

Sebelum menyandang gelar S2-nya, beliau ini memilih untuk mengerjakan salah satu sunnah Rasul untuk membentuk sebuah mahligai rumah tangga. Beliau pun melamar pekerjaan sebagai dosen di Unram dan diterima, tapi ditempatkan di Fak. Teknik karena FMIPA sendiri belum ada saat itu.

Dosen yang mengaku menyukai matematika karena menganggap matematika mudah ini mempunyai motto hidup “ bersyukur dalam kejayaan, bersabar dalam cobaan”. Mengaku awalnya tidak bercita-cita jadi dosen, tapi ingin menjadi wiraswasta (biar lebih banyak duitnya katanya….). Doyannya makan sepat (memang  makanan khas dari Sumbawa itu enak-enak pak!..).

Ditanya soal prestasi, pak dosen mengaku belum mempunyai prestasi selam menjada dosen. Prestasi yang paling berkesan bagi beliau adalah ketika he got The 4th in IMO tingkat kabupaten Lombok Barat dan hadiahnya dulu berupa pulpen yang masih disimpan sampai sekarang (buat kenang-kenangan itu pak!..)

Ayah dari seorang putri bernama Lala ini mengaku hobi bermain catur dan gitar, tidak suka dibohongi. Hobi lainnya baca buku (sama pak! memang buku adalah gudang ilmu…) terutama buku fiksi misalnya novel Laskar Pelangi.

Sebagai seorang dosen, ketika ditanya apa pesan untuk mahasiswa beliau menjawab hanya “don’t be lazy ” (ok, pak!). Pak dosen ini berniat untuk melanjutkan studi ke jenjand S3, jadi mari sama-sama kita doakan biar keingnan beliau segera terlaksana… Amin..

Waktu pun berlalu, wawncara ini menemui endingnya. Dengan gaya beliau yang selalu fun, ketika mahasiswa mengatakan bahwa wawancara dirasa cukup, pak dosen mengeluarkan guyonan di akhir wawncara dengan mengatakan nomor sepatu beliau adalah 39.

Nah, siapakah beliau ini?

This is him……… Mr. Marwan, M.Si.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: